-->

" CERPEN " Seorang OB Menjadi Ahli IT ( Kisah Inspiratif )

Mungkin terdengar mustahil, seorang OB bisa menjadi ahli IT,...Yapp..tapi kisah ini benar - benar ada.
Dia namanya Ali ( nama samaran ), lulus SMA ternyata tidak membuat Ali mudah mendapatkan pekerjaan, lamaran demi lamaran sudah tersebar dibeberapa perusahaan, namun tidak ada satu pun perusahaan yang memanggilnya. Saking tidak kunjung datang pekerjaan yang diinginkan, ali sempat ingin pulang kampung, karena uang saku yang di berikan oleh orang tuannya sudah mulai menipis.
Namun tak di sangka sehari sebelum Ali pulang kamung, ali mendapatkan panggilan kerja di salah satu perusahaan yang pernah dia lamar, dia pun sangat senang, meskipun belum tahu untuk bagian apa.
Setelah ali mengikuti proses recruitment, ternyata pekerjaan yang ditawarkan untuk Ali adalah OB ( Office Boy ). Sebenarnya ini adalah bukan  pekerjaan yang diinginkan , namun dalam hati dia berfikir hanya untuk sementara sembari mendapatkan pekerjaan lain.

Kepribadian ali yang mudah kenal dengan orang, dan humoris,..ternyata membuat orang kantor menyukainya, bahkan ada beberapa Staff yang minta di temani saat lembur, meskipun ali sendiri jika Over Time tidak di hitung lembur.

Suatu hari, perusahaan tersebut sedang mengalami System Error , dimana jika hal itu terjadi, team IT benar - benar kerja keras dan diuji kemampuannya. Tepat pukul 21.00,..waktu itu ali hendak pulang kerja, namun tak sengaja Ali melihat  pintu ruang IT  masih terbuka, dan ali pun menghampirinya, ternyata orang team IT belum pulang,...tanpa pikir panjang, ali langsung membuatkan Kopi dan membawakan sedikit makanan ringan yang ada di " Pantry ". Team IT pun kaget, karena tiba-tiba ali muncul dengan membawa kopi dan makanan ringan, padah tidak ada yang menyuruh.
Keberadaan ali di ruang IT, membuat suasana berubah total, yang tadinya team IT fokus dengan pekerjaannya, kini mereka bisa bekerja, tertawa sambil menikmati kopi dan sesekali mereka melontarkan beberapa pertanyaan ke ali.

Setiap terjadi Error System, ali selalu dimintanya untuk menemani mereka, bahkan ali sendiri tak segan - segan mengucapkan " Mudah - mudahan system nya error " dengan nada bercanda kepada team  IT.
Seringnya ali menemani mereka saat system error, ali pun berfikir bahwa dirinya bisa nggak ya menjadi seorang IT tanpa harus sekolah tinggi. Dan ternyata diam - diam ali memperhatikan team IT saat membuat System dan saat memperbaiki System yang error, bahkan ali membeli beberapa buku bahasa pemrograman, dari PHP, Oracle, VB Net, VB O6, C++ dan bahasa pemrograman lainnya.


Bermodal Laptop yang dia beli secara kredit, ali pun mulai belajar satu persatu dari bahasa pemrograman tersebut, bahkan ali rela waktunya habis untuk belajar dan bekerja.

Lebih dari 4 tahun ali belajar, ternyata usaha dan pengorbanan ali membuahkan hasil,..kini ali sudah bisa membuat system yang dapat dijual ke perusahaan yang membutuhkan. Bahkan dalam satu bulan, ali mampu membuat 1 - 3 system, yang tentunya pesanan dari perusahaan-perusahaan.

Suatu hari, system di tempat kerjanya mengalami error,..seperti biasanya,..ali selalu diminta untuk membuatkan kopi dan menemani mereka kerja,...namun....ternyata team IT mengalami kesulitan, bahkan ada salah satu team IT yang panik dikarenakan malam itu harus selesai.
Team IT pun merasa kebingungan harus minta tolong kepada siapa,...dengan terpaksa,..ali pun menawarkan diri untuk membantu mereka, namun tawaran tersebut justru di tertawakan oleh team IT dengan kata-kata " gayanya,..kaya bisa aja kamu li..." dengan nada bercanda. 
Ali pun menghampiri Komuter, dan mencoba memperbaiki program yang error, dan alhasil,..kurang dari 30 menit ali mampu memperbaiki system yang error. Team IT pun terkagum - kagum dengan kemampuan ali, yang mereka tidak menduga sebelumnya.

Keesokan harinya ali dipanggil oleh pihak HRD,...
HRD pun berkata " Ali,..mulai saat ini kamu gak boleh bekerja lagi"......
Ali pun menjawab" kenapa saya di pecat pak, salah saya apa, selama ini saya sudah bekerja dengan baik, bahkan saya rela tidak dibayar saat pulang malam".....
Si HRD pun  menjawab lagi " Mulai saat ini kamu tidak boleh bekerja lagi sebagai OB, karena mulai saat ini kamu menjadi team IT"
Mendengar jawaban tersebut, ali pun sontak kaget dan tidak percaya dengan jabatan barunya itu.

Kesimpulan cerita diatas adalah, Tidak ada hal yang tidak mungkin, asal ada kemauan dan kerja keras dan didasari dengan doa, semuannya pasti akan terwujud.

" Orang Pintar Bisa Kalah dengan Orang yang Berpengalaman "
" Orang Pintar & Berpengalaman kalah dengan Orang yang Bejo "

0 Response to "" CERPEN " Seorang OB Menjadi Ahli IT ( Kisah Inspiratif )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel